Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Sunblock dan sunscreen sama-sama digunakan untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari baik UVA maupun UVB, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan utama loh.

1. Cara kerja
Sunblock secara fisik menghalangi atau memantulkan sinar matahari. Mengandung bahan-bahan seperti seng oksida atau titanium dioksida yang menciptakan penghalang fisik pada kulit untuk memblokir sinar UV.
Sebaliknya sunscreen mengandung bahan kimia yang menyerap dan menghilangkan radiasi UV. Ia bekerja dengan cara menyerap dan menetralkan sinar matahari sebelum menembus kulit.
2. Hasil pengaplikasian di wajah Sunblock sering kali tampak sebagai lapisan tebal dan buram pada kulit, sehingga memberikan tampilan putih atau pucat.
Sedangkan sunscreen biasanya lebih transparan dan dapat diaplikasikan lebih merata sehingga tidak terlalu terlihat pada kulit.

3. Tingkat perlindungan
Sunblock umumnya memberikan perlindungan spektrum yang lebih luas, menghalangi sinar UVA dan UVB.
Sedangkan pada sunscreen tingkat perlindungan dapat bervariasi tergantung pada peringkat SPF (Sun Protection Factor). Beberapa sunscreen mungkin melindungi dari sinar UVA atau UVB.

4. Tahan air
Sunblock seringkali memberikan ketahanan air yang lebih baik karena membentuk penghalang fisik.
Sedangkan sunscreen memiliki ketahanan air bervariasi dan mungkin memerlukan pengaplikasian ulang setelah berenang atau berkeringat.

5. Re-apply
Sunblock membutuhkan pengaplikasian yang menyeluruh dan sulit untuk dibaurkan karena konsistensinya yang lebih kental.
Lain hal dengan sunscreen yang lebih mudah diaplikasikan dan diaplikasikan kembali, sehingga lebih ramah pengguna untuk penggunaan sehari-hari.
6. Pertimbangan kosmetik
Sunblock mungkin tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari bagi mereka yang mengkhawatirkan penampilannya pada kulit.
Berbeda dengan sunscreen yang seringkali disukai karena formulasi kosmetiknya yang elegan dan lebih cocok untuk dipakai sehari-hari.

Keputusan menggunakan sunblock atau sunscreen tentu berbeda bagi tiap orang karena kebutuhan dan kondisi tiap orang juga berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Lebih Dekat dengan Kolagen

Kulit Berjerawat vs SPF Tinggi